Kamis, 17 Mei 2012

Perbedaan Google Panda dan Google Penguin

Menurut Saya, Google Penguin merupakan penyempurnaan aturan Google Panda yang lebih mengedepankan tulisan (konten) berkualitas ketimbang hanya tulisan asal jadi (akal-akalan SEO). Google Panda lebih memenangkan artikel yg memiliki SEO on page agar link artikel tsb tampil di halaman pertama google. Menurut yg Saya pelajari, SEO on page memegang peranan sekitar 70%  hingga web kita tampil di halaman pertama google, sementara SEO off page (backlink dll) hanya sekitar 30%.
Adapun Google Penguin adalah aturan baru yg merontokkan web-web bertipe spam sehingga tidak muncul di halaman pencarian google (google menyebut web-web tsb sebagai webspam tactics to manipulate search engine rankings). Kalo ada istilah spam dalam email (email spam), maka google menerapkan istilah webspam pada website yg tidak sesuai antara judul dan keywords dengan isi artikelnya.
“We’ve always targeted webspam in our rankings, and this algorithm represents another improvement in our efforts to reduce webspam and promote high quality content”.

Pernahkah Anda merasa kecewa mencari sesuatu di google karena yg ditemukan hanyalah website yg tidak relevan isinya? Anda mencari sesuatu dg keyword tertentu di google, lalu menemukan title website yg kayaknya cocok dengan pencarian, namun setelah diklik link webnya ternyata hanya menampilkan judul saja atau 1 paragraf yg isinya tidak memuaskan. Maksudnya apa yg Anda cari di google tidak sesuai dengan apa yg ditemukan. Nah website seperti itu akan “dibabat habis” oleh algoritma Google Penguin, bisa menurun drastis ke halaman belakang pencarian google, atau bisa juga hilang dari peredaran google search (masuk penjara google/Google Sandbox).

http://rwpgrup.com/blog/seo-google-panda-dan-google-penguin/ 

0 comments: